Hak-Hak dan Kewajiban Jamaah Haji

3109 views

Hak-Hak dan Kewajiban Jamaah Haji Yang Harus Diketahui

Infoumrohhaji – Anda akan berangkat haji? Jika ya, apakah Anda sudah tahu kewajiban dan hak dari jemaah haji? Sebagai calon jemaah haji, Anda harus tahu tentang hak dan kewajiban jemaah haji. Hal ini tentu harus Anda ketahui agar Anda bisa mendapatkan yang seharusnya Anda dapatkan dan dapat melaksanakan kewajiban Anda dengan baik sebagai jemaah haji. Tanpa banyak basa-basi simak informasinya berikut.

Hak Jemaah Haji di Tanah Air dan Tanah Suci

Setiap jemaah haji memiliki hak yang sama baik itu di tanah air maupun di Arab. Berikut ini rincian dari hak jemaah haji.

Hak Jamaah Haji di Tanah Air

Hak jamaah haji di tanah air antara lain:

  • Mendapatkan bimbingan ibadah serta manasik haji.
  • Dikelompokkan ke dalam kloter (kelompok terbang) yang telah diatur dengan memperhatikan kekerabatan, tempat tinggal, dan sebagainya.
  • Mendapatkan akomodasi selama 24 jam di asrama haji embarkasi menjelan keberangkatan. Akomodasi ini termasuk Paspor haji yang sidah divisa, konsumsi, living cost, gelang identitas, serta ibadah dan manasik haji.
  • Mendapatkan transportasi Indonesia-Arab Saudi maupun Arab Saudi-Indonesia.
  • Mendapatkan pelayanan kesehatan serta perawatan untuk jemaah haji yang sakit.

Hak Jamaah Haji di Arab Saudi

Selama di Arab Saudi, jemaah haji berhak mendapatkan konsumsi daat baru dating di bandara KAIA Jedah; mendapatkan transportasi ke Madinah maupun ke Mekkah; dan mendapatkan pemondokan serta konsumsi selama 24 jam hingga pulang ke tanah air.

Hak Jamaah Saat di Jedah

Selama di Jedah, jemaah berhak mendapatkan : konsumsi saat kedatangan di bandara KAIA jedah; transportasi ke Mekkah maupun ke Madinah; serta pemondokan dan konsumsi menjelang pulang ke tanah air.

Hak Jamaah Saat di Madinah

Selama di Madinah, jemaah berhak mendapatkan pemondokan serta konsumsi selama 8 hari setengah; konsumsi saat dating di terminah Hijrah serta di KM 9 perjalanan Mekkah-Jedah; dan transportasi ke Mekkah maupun Jedah menjelang pulang ke tanah air.

Hak Jamaah Saat di Mekkah

Saat di Mekkah, jemaah berhak mendapatkan pemondokan; transportasi ke masjidil haram, Madinah, Arafah, dan Mina serta konsumsinya; transportasi Mekkah-Arafah-Muzdalifah-Mina-Mekkah; pelayanan kesehatan dan perawatan bagi jemaah yang sakit.

Kewajiban Jemaah Haji

Sementara itu, kewajiban jemaah haji baik itu di tanah air maupun di tanah suci adalah wajib mematuhi tata tertib serta aturan-aturan yang berlaku tentang penyelenggaraan haji, serta menjaga nama baik negara dan bangsa selama ada di Saudi.

Asuransi Jamaah Haji

Jemaah haji yang sudah melunasi BPIH tahun berjalan juga akan mendapatkan jaminan asuransi. Besaran premina menjadi satuan komponen BPIH yang sudah ditetapkan oleh presiden (pemerintah).

Identitas Nasional Jamaah Indonesia

Jemaah haji Indonesia memiliki pakaian khas yang menjadi pakaian identitas yaitu batik warna hijau denga label “bendera merah putih dan tulisan Indonesia tepat di bawahnya” yang ada di dada atas. Adanya pakaian ini dimaksudkan agar menumbuhkan rasa solidaritas, kebersamaan, serta kebanggaan akan bangsa. Selain itu, baju ini juga akan lebih memudahkan dalam pemberian layanan kepada jemaah haji.

Itulah kiranya informasi tentang hak dan kewajiban jemaah haji baik di tanah air maupun tanah suci. Semoga dengan informasi ini Anda sebagai calon jemaah bisa lebih memahami hak-hak apa saja yang bisa Anda dapatkan dan kewajiban apa yang harus Anda lakukan.

Penulis: 
    author
    Infoumrohhaji.com Media Informasi Umroh dan Haji Khusus