Tips Memilih Travel Umroh yang Profesional

807 views
Membanjirnya biro travel umroh di Indonesia memiliki dua dampak sekaligus yaitu baik dan buruk. Kabar baiknya pilihan untuk memilih “partner” yang bisa menjadi perantara untuk sampai ke Mekkah dan Madinah semakin berlimpah. Calon jamaah bisa membandingkan harga paket dan fasilitas yang ditawarkan, disesuaikan dengan kebutuhan. Kabar kurang baiknya tidak jarang di antara biro-biro travel umroh yang serius menggeluti bisnis travel umroh dan berniat sungguh-sungguh memberangkatkan jamaah terselip biro abal-abal.

Kasus batalnya calon jamaah umroh berangkat ke tanah suci karena dana yang disetor ditilep tak berbekas atau diselewengkan menjadi pelajaran bahwa memilih biro travel umroh harus hati-hati. Peristiwa yang menimpa calon jamaah umroh First Travel sebenarnya bukan yang pertama kali terjadi. Beberapa kali dari biro-biro travel yang berbeda peristiwa gagal berangkat umroh pernah terjadi. Namun kasus First Travel ini menyangkut ribuan jamaah, bisa dikatakan sebagai kasus terbesar dalam sejarah gagal berangkatnya calon jamaah umroh. Kasus ini perlu menjadi perhatian para calon jamaah umroh agar tak mudah tertipu perusahaan travel umroh abal-abal. Calon jamaah harus mengetahui ciri-ciribiro travel umroh yang amanah dan profesional.

Ciri-ciri biro travel umroh yang profesional antara lain:

  1. erdaftar secara hukum sebagai perusahaan biro dan travel dan memiliki surat perizinan lengkap.
  2. Mengantongi NPWP Perusahaan.
  3. Mengantongi Surat Keterangan Domisili Perusahaan.
  4. Mendapatkan pengesahan SK Menteri Kehakiman berupa Akta Pendirian Perusahaan.
  5. Mengantongi SK Departemen Agama Dirjen Penyelenggaraan Umroh dan Haji sebagai penyelenggara perjalanan ibadah Haji Khusus.
  6. Mengantongi SK Depratemen Agama Dirjen Penyelenggaraan Umroh dan Haji sebagai penyelenggara perjalanan ibadah Umroh.
  7. Memilki Sertifikat Lembaga Bisnis Syariah yang ditgerbitkan Dewan Syariah Nasional MUI.

Sekilas Tentang Al Hijaz Indowisata
Pilihan biro travel umroh di Indonesia layaknya memilih baju yang dijual di etalase. Tinggal lihat label harga, kemasan, bahan sesuaikan dengan kemampuan dompet. Namun salah memilih biro umroh bisa fatal akibatnya. Uang melayang, jadwal keberangkatan umroh tinggal bayang-bayang. Salah satu pilihan tepat biro umroh adalah Al Hijaz Indowisata.

Berikut ini adalah alasan mengapa calon jamaah umroh sebaiknya memilih Al Hijaz Indowisata sebagai partner yang membantu memberangkatkan ke tanah suci:

  1. Travel AlHijaz Indowisata mengantongi izin resmi untuk menyelenggarakan perjalanan umroh dan haji khusus dan dokumen legalitasnya lengkap.
  2. Al Hijaz Indowisata memiliki legalitas ASITA dan IATA.
  3. Memiliki gedung sendiri sehingga calon jamaah bisa lebih nyaman di dalam maupun di luar kantor termasuk saat parkir kendaraan.
  4. Sistem pendataannya bersifat online dan terkomputerisasi dengan baik dan benar.
  5. Memiliki banyak cabang dan perwakilan di berbagai kota besar di Indonesia sebagai partner resmi Al Hijaz.
  6. Frekuensi keberangkatan umroh cukup sering.
  7. Tidak pernah masuk daftar hitam dalam penilaian calon jamaah maupun pemerintah.

Travel alHijaz Indowisata tergolong biro travel yang senior di Indonesia. Memiliki perizinan resmi dari pemerintah. Biro yang berdiri kurang lebih 17 tahun lalu ini memiliki beberapa produk unggulan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan para calon jamaah. Beberapa paket unggulannya, antara lain:

  1. Paket umroh desember (Umroh akhir tahun)
  2. Paket Umroh Ramadhan
  3. Paket Umroh Plus Turki 12 Hari
  4. Paket Umroh Plus City Tour Turki (10 Hari)
  5. Paket Umroh Grup
  6. Paket Umroh 12 Hari
  7. Haji Plus/Khusus (ONH Plus).

Harga paket umroh Al Hijaz wisata rata-rata sama dengan pasaran harga paket umroh lainnya. Namun harga paket umroh tersebut menjadi lebih mahal untuk peak season, yaitu umroh bulan Ramadhan dan umroh akhir tahun di bulan Desember karena berlaku hukum ekonomi (semakin tinggi permintaan semakin tinggi harga penawaran dikarenakan peningkatan biaya pengurusan visa).

Pembiayaan umroh melalui Al Hijaz insyaAllah lebih syariah karena menggunakan sistem perbankan syariah yang bekerja sama dengan bank-bank syariah di Indonesia. Pendaftarannya juga mudah dan calon jamaah bisa bertanya tentang segala sesuatu melalui call center 021-8265-3335 dan akun-akun media sosialnya di Twitter, Instagram, WhatsApp atau BBM. Jika ingin melihat testimoni dan rekaman rangkaian perjalanan jamaah umroh melalui Al Hijaz Indowisata bisa membuka akun YouTube: TravelAlhijazIndowisata.

Penulis: 
    author
    Infoumrohhaji.com Media Informasi Umroh dan Haji Khusus