Cara Cek Estimasi Keberangkatan Haji

2197 views
Infoumrohhaji – Anda sudah daftar menjadi calon jemaah haji dan ingin mengetahui kapan tahun keberagkatan? Jika ya, simak informasinya berikut. Kali ini penulis akan berbagi informasi tentang cara mengecek estimasi keberangkatan haji reguler.

Cara Cek Estimasi Keberangkatan Haji

Tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara untuk mengecek estimasi keberangkatan haji reguler ini. Mereka biasanya akan menanyakan pada petugas. Namun, sebenarnya calon jemaah haji bisa mengetahui sendiri kapan jadwal keberangkatan. Caranya pun sangat mudah, seperti berikut ini.

  • Setelah Anda melakukan pendaftaran haji reguler dan menyetorkan uang sejumlah Rp 25 juta ke BPS (bank yang ditunjuk pemerintah), Anda akan mendapatkan bukti setoran. Dalam bukti setoran tersebut Anda akan mendapatkan nomor porsi haji. Nomor porsi haji ini terdiri atas 10 digit. Banyak jamaah yang mengira nomor porsi haji adalah nomor SPP. Padahal, nomor SPPH (Surat Permohonan Pergi haji) dengan nomor porsi, keduanya berbeda.
  • Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mengetahui estimasi keberangkatan haji Anda adalah dengan mengunjungi situs Kemenag di www.haji.kemenag.go.id.
  • Selanjutnya masukkan nomor porsi Anda di form “Nomor Porsi”.
  • Anda akan mendapatkan estimasi keberangkatan secara langsung.
  • Jika Anda adalah jemaah haji plus, Anda bisa meminta bantuann travel haji plus tempat mendaftar.
  • Dalam hal ini jemaah harus sabar saat menunggu antrian. Untuk saat ini, sekalipun haji plus jemaah tetap harus mengantri hingga beberapa tahun.
  • Dengan mendapatkan nomor porsi haji, berarti Anda adalah jemaah haji kuota Kemenag resmi (haji nonkuota tidak mendapatkan nomor porsi).
Sebagai catatan, perkiraan estimasi keberangkatan ini bisa berubah sesuai dengan regulasi. Jika Anda tidak bisa melihat estimasi keberangkatan jemaah haji, kemungkinan situs tengah dalam perbaikan database. Perbaikan databade ini secara rutin dilakukan oleh Kementrian Agama. Jadi, jika hal ini terjadi, lakukan pengecekan di lain hari.

Cara mengetahui estimasi keberangkatan calon haji ini bisa juga dilakukan dengan mendatangi langsung Kantor WIiayah Kemenag atau menghubungi Call Centre Haji Kemenag di 021-500425.

Fungsi Mengetahui Estimasi Keberangkatan

Untuk apa mengetahui estimasi keberangkatan haji ini? Apa funsginya? Fungsi dari mengetahui estimasi tahun keberangkatan haji adalah untuk melakukan persiapan haji seperti pelunasan BPIH, serta berbagai persiapan perlengkapan haji lain yang harus disiapkan dan dibawa, termasuk pemantapan ilmu manasik dan doa-doanya.

Bersabarlah Menunggu Antrian

Di Indonesia, ada jutaan orang yang ingin berangkat haji sementara kuota jemaah haji Indonesia untuk berangkat haji terbatas. Oleh karena itu, jemaah haji bisa mengantri hingga bertahun-tahun. Selama waktu menunggu ini, sebagai calon jemaah haji sebaiknya isi waktu laung Anda dengan hal-hal positif seperti memantapkan ilmu, menghafalkan doa-doa, menyiapkan fisik agar ;ebih bugar dan sehat menjelang keberangkatan, serta hal-hal lain yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan diri Anda sebelum keberangkatan.

Setiap calon jemaah haji umumnya sudah tidak sabar untuk bisa segera berangkat haji. Namun, hal ini tidak semudah yang dibayangkan. Dalam hal ini Anda tetap harus bersabar menunggu antrian hingga datangnya hari keberangkatan. Ingatlah bahwa Allah tidka akan salah memilih umat mana yang istimewa, yang Ia inginkan untuk bisa mengunjungi Baitullah.

Nah, demikianlah informasi tentang cara pengecekan estimasi keberangkatan ibadah haji. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Penulis: 
    author
    Infoumrohhaji.com : Informasi Umroh dan Haji Khusus