Cara Cek Izin Travel Umroh

cara_cek_travel_umroh_berizin_resmi_di_kementrian_agama

Cara Cek Izin Travel Umroh Di Departemen Agama

Agar perjalanan ibadah umroh dapat berjalan dengan baik dan lancar tentu kita tak boleh salah memilih biro perjalanan ibadah kita tersebut. Travel yang terpercaya seharusnya memenuhi syarat dan kriteria sehingga dikatakan sebagai perusahaan yang profesional. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa legalitas perusahaan dengan cara cek izin travel umroh pada Departemen Agama. Informasi ini sangat penting untuk menambah wawasan calon jamaah umroh agar tak cepat tergoda dengan penawaran harga paket umroh murah. Jangan sampai niat suci Anda untuk berziarah ke tanah suci terhambat permasalahan travel abal-abal atau bahkan menjadi korban penipuan oknum tak bertanggung jawab.

Cara cek izin travel umroh

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, untuk mengetahui apakah suatu perusahaan biro perjalanan umroh profesional dan terpercaya atau merupakan travel ilegal, periksalah apakah perusahaan yang bersangkutan mempunyai izin dari Departemen Agama Indonesia serta memiliki izin usaha pariwisata. Jangan langsung percaya walaupun Anda menyaksikan iklan atau promosi paket murah untuk perjalanan umroh baik pada televisi, surat kabar, website perusahaan, atau sosial media.

Bila Anda memang tertarik dengan promosi tersebut sebaiknya cek kelengkapan izin travel umroh tersebut apakah cukup layak menjadi mitra perjalanan ibadah Anda. Cara cek izin travel umroh dapat dilakukan dengan mengakses situs resmi kementrian Agama Republik Indonesia sesuai dengan urutan abjad nama perusahaan travel atau biro perjalanan ibadah umroh yang telah didaftarkan. Di sini Anda dapat mengetahui informasi tentang daftar travel atau biro perjalanan umroh yang telah mendapatkan izin dari pemerintah.

Selain tentang perizinan yang dapat Anda ketahui dengan cara cek izin travel umroh yang diulas di atas, berikut ini adalah karakteristik perusahaan travel penyelenggara perjalanan umroh yang profesional.

  • Travel umroh yang profesional dan terpercaya seharusnya mempunyai gedung kantor sendiri dan bukan gedung yang disewa. Bila gedung yang mereka gunakan sebagai kantor adalah gedung sewaan maka pemilik bisa kabur sewaktu-waktu dengan membawa dana jamaah umroh yang terjebak menggunakan jasanya. Hal ini sudah sangat sering terjadi dan kita pun kerap mendengar kabar tentang hal tersebut di media.
  • Pilihlah perusahaan yang mempunyai akses untuk mengurus visa umroh dan mempunyai koneksi dengan pemilik-pemilik hotel di Arab Saudi juga orang-orang di penerbangan. Dengan begitu perusahaan akan dapat memberikan pelayanan maksimal sesuai dengan jadwal dan program yang telah disusun bagi para jamaahnya.
  • Pengelola perusahaan travel umroh idealnya mempunyai latar belakang yang baik dalam pelayanan serta mempunyai kemampuan keuangan yang mencukupi untuk berjaga-jaga bila terjadi masalah. Hal ini adalah bentuk tanggung jawab perusahaan kepada para kliennya.
  • Perusahaan penyelenggara perjalanan ibadah umroh seharusnya tak hanya berkonsentrasi untuk memperoleh profit dagang semata melainkan juga keabsahan ibadah serta kepentingan yang berhubungan dengan segi rohani pun juga patut diperhatikan.
  • Perusahaan travel umroh profesional tak akan menggunakan dana pembayaran perjalanan ibadah dari jamaahnya untuk berinvestasi terlebih dahulu sebelum memberangkatkan klien-kliennya. Hal ini tentu sesuatu yang tidak etis sehingga Anda tak direkomendasikan bermitra dengan perusahaan yang menjanjikan waktu pemberangkatan dalam waktu yang lama bahkan setelah dana lunas dibayarkan. Harap diingat bahwa untuk ibadah umroh jamaah tak diharuskan menunggu sebagaimana pada ibadah haji.

Demikianlah informasi singkat tentang cara cek izin travel umroh sekaligus ciri-ciri travel perjalanan umroh yang terpercaya untuk Anda. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *