Haji Plus dan Reguler

Haji Plus dan Reguler

Perbedaan Haji Plus dan Reguler

Seperti yang sudah diketahui bahwa mayoritas masyarakat di Indonesia beragama Islam. Indonesia sendiri adalah salah satu negara Muslim terbesar di dunia. Salah satu kewajiban umat Muslim yang harus dipenuhi adalah ibadah haji. Memang faktanya tidak semua masyarakat dapat melakukan ibadah haji ini dikarenakan biaya perjalanan yang cukup mahal. Namun untuk meminimalisir hal tersebut, saat ini banyak bank yang mengadakan program tabungan haji bagi warga yang sangat ingin berangkat ke tanah suci. Apabila dirasa cukup, masyarakat dapat langsung mendaftar dan memilih diantara  haji plus dan reguler. Pendaftaran pun kini sudah lebih maju, banyak kota-kota di Indonesia yang sudah menerapkan sistem online bagi pendaftaran calon jamaah haji.

Pengertian Umum Haji Plus dan Reguler

Menunaikan ibadah haji tidak bisa dilakukan setiap saat seperti ibadah umroh. Ada jadwal yang sudah ditetapkan oleh pemerintah untuk melakukan ibadah haji. Tersedia dua paket haji yang dapat disesuaikan dengan dana yang dimiliki yaitu haji plus dan reguler. Haji reguler diselenggarakan oleh pihak Departemen Agama sementara haji plus diselenggarakan oleh pihak swasta dengan pengawasan dari Kementrian Agama Republik Indonesia. Ada perbedaan sistem dari kedua daftar tunggu haji tersebut dari segi biaya, akomodasi dan lainnya. Namun pada dasarnya, setiap orang akan melakukan ibadah haji yang sama di tanah suci.

Tingginya minat masyarakat Indonesia untuk berhaji menyebabkan pemerintah sendiri kewalahan dalam mengatur daftar tunggu haji plus dan reguler. Para calon jamaah haji baik yang reguler maupun plus harus menunggu bertahun-tahun agar bisa berangkat ke tanah suci, namun daftar tunggu calon jamaah haji plus lebih cepat diurus daripada yang reguler. Hal ini menyebabkan banyak calon jamaah haji reguler berpindah menjadi daftar tunggu calon haji plus. Jika ingin cepat menunaikan ibadah haji, maka sebaiknya masyarakat mendaftar menjadi calon haji plus.

Perbedaan Karakteristik Haji Plus dan Reguler

Apabila Anda memiliki keinginan untuk menunaikan ibadah haji, terlebih dahulu Anda perlu memilih diantara haji plus dan reguler.

Berikut adalah perbedaan haji plus dan reguler:

  • Biaya
    Untuk ongkos naik haji (ONH) reguler jelas lebih murah dibandingkan haji plus dan disesuaikan dengan embarkasi setiap daerah di Indonesia
  • Daftar Tunggu Pemberangkatan
    Daftar pemberangkatan calon jamaah haji plus lebih cepat diurus sehingga semakin cepat juga calon jamaah haji berangkat ke tanah suci. Sementara pemberangkatan calon haji reguler bergantung pada daerah asal masing-masing.
  • Akomodasi dan Konsumsi
    Konsumsi dan akomodasi jamaah haji plus selama di tanah suci akan ditanggung sepenuhnya oleh pihak penyelenggara. Sementara untuk calon haji reguler harus menyediakan konsumsi sendiri.
  • Lokasi Penginapan
    Tempat menginap bagi calon jamaah haji sangat penting untuk kenyamanan dalam menjalankan ibadah. Biasanya bagi calon haji plus disediakan penginapan yang dekat dengan Masjidil Haram, sementara untuk calon haji reguler ditempatkan dalam lokasi yang bervariasi dengan jarak tertentu. Namun jaraknya tidak begitu jauh dari Masjidil Haram.

Meskipun terdapat dua pilihan yaitu haji plus dan reguler, masyarakat harus cermat dalam memilih sesuai dengan budget yang di miliki. Ibadah haji merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh semua warga muslim. Tergantung dari niat masing-masing, warga bebas memilih diantara haji plus atau reguler. Yang terpenting adalah mempersiapkan mental dan fisik untuk memberangkatkan diri ke tanah suci. Melakukan ibadah sepenuh hati dan memohon maaf atas segala dosa dengan ikhlas, maka pahala akan didapat, dan manusia pun bisa menjadi haji mabrur.

Animo umat Muslim di Indonesia untuk melakukan ibadah haji semakin meningkat sehingga daftar tunggu haji plus dan reguler pun semakin panjang, jadi banyak juga masarakat yang memilih melaksanakan ibadah umroh terlebih dahulu sembari menunggu waktunya untuk berhaji.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *