Keutamaan Air Zam-Zam

2015 views
Air zam-zam adalah air terbaik yang di ciptakan oleh Allah SWT, dengan pengorbanan keluarga Ibrahim a.s. Semua orang yang beragama islam tentu tau air zam-zam yang dapat dinikmati oleh seluruh manusia. Banyak keutamakan yang terdapat didalam air zam-zam. Adapun keistimewaan air zam-zam akan di uraikan di bawah ini.

Rosulullah shalallahu’alaihi wassalam bersabda:

لَهُ بَ شُرِ لمِاَ زَمْزَمَ مَاءُ: يَقُوْلُ اللَّهِ رَسُوْلَ سَمِعْتُ: قَالَ جَابِرٍ عَنْ

Dari Jabir berkata : “saya mendengar Rosulullah shalallahu’alaihi wassalam bersabda, air zam-zam itu tergantung niat orang yang meminumnya”. (HR.Ibnu Majah, Ahmad, Baihaqi)

Hadist di atas menjelaskan bahwa jelas air zam-zam bukan air biasa, air zam-zam memiliki banyak keutamaan di bandingkan dengan air biasa. Bagaimana tidak ketika kita ingin meminum air zam-zam, semuanya tergantung niat ingin kita minta kepada Allah, kebahagian dunia maupun akhirat. Untuk itu, bagi siapa saja yang meminum air zam-zam dengan niat hanya karena Allah SWT akan mengabulkan permintaannya.

Setelah mengetahui hal itu, banyak para ulama salaf yang meminum ir zam-zam dengan berbagai macam niatnya. Betapa banyak juga yang di kabulkan oleh Allah SWT asbab air zam-zam bahkan tak terhitung jumlahnya. Air zam-zam juga dapat di gunakan sebagai obat, simaklah hadist Rosulullah shalallahu’alaihi wassalam berikut :

Dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu’anhu, Rasulullah Shalallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Air zam-zam sesuai dengan niat pada saat meminumnya. Jika engkau minunya untuk obat, semoga Allah menyembuhkanmu. Jika engkau meminumnya untuk menghilangkan dahaga semoga Allah menghilangkannya. Air zam-zam adala galian jibril dan curahan minuman dari Allah kepada Ismail.”

Kemudian, Nabi Muhammad SAW, bersabda :

Dari Thufail, dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu’anhu, berkata, “Saya mendengar Rosulullah Shalallahu’alaihi wa Sallam bersabda ; “kami menyebut air zam-zam dengan syuiba’ah (yang mengenyangkan) dan kami juga mendapatkan air zam-zam adalah sebaik-baki pertolongan (kebutuhan atsa kemiskinan).” (HR. Thabrani)

Demikian di atas, telah di jelaskan secara singkat mengenai air zam-zam. Nabi agung Muhammad SAW telah memberikan kabar gembira kepada kita tentang keutamaan air zam-zam serta beliau SAW, menjelaskan khasiat yang terkandung di dalam air zam-zam. Maka dari itu, dengan melihat penjelasan di atas kita harus lebih menyadari bahwa yang berkuasa hanya Allah SWT, sehingga Allah menjadi tempat kita bergantung dan memohon pertolongan.

Bagi saudara-saudara kita yang meminum air zam-zam dengan niat ingin bahagia dunia akhirat seperti, ibadah umroh dan lain sebagianya. Semoga Allah SWT, cepat memberangkatkannya ke tanah suci dengan mengharap ridho Allah, Karena semua hanya tas izin Allah SWT. Semoga kita semua di permudah oleh Allah SWT, dalam menjalankan perintahnya dan menjauhi larangan yang telah jelas di dalam aAl-qur’an dan Al-hadist. Amin ya rabbal ‘alamiin

Apalagi di zaman sekarang ini banyak travel umroh yang siap membantu keberangkatan para jamaah yang menunaikan ibadah haji dan umroh. Banyak paket yang menarik yang di tawarkan para agen travel umroh, seperti paket umroh 2017, paket umroh plus turki dan banyak paket yang lainnya. semoga bermanfaat.

Penulis: 
    author
    Infoumrohhaji.com : Informasi Umroh dan Haji Khusus