Keutamaan Umroh Di Bulan Ramadhan

1844 views

Beberapa Keutamaan Umroh Di Bulan Ramadhan

Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu setiap tahunnya oleh umat Islam karena merupakan bulan yang penuh berkah. Di bulan suci ini setiap ibadah yang dilakukan akan ditambah dan dilipatgandakan nilai pahalanya sehingga banyak umat Islam yang memanfaatkannya untuk beramal sebanyak-banyaknya, seperti memperbanyak shalat sunnah, bersedekah, membaca Al-Quran, berdzikir dan lain sebagainya. Salah satu ibadah tersebut termasuk bisa melakukan perjalanan ibadah ke tanah suci dengan mengikuti program umroh ramadhan 2017 yang banyak ditawarkan oleh penyelenggara haji dan umroh di Indonesia. Demikian adalah keutamaan umroh di bulan Ramadhan untuk menambah wawasan Anda.

Keutamaan umroh di bulan Ramadhan

Bila memungkinkan untuk melakukan ibadah umroh di bulan Ramadhan Anda bisa melakukannya baik pada awal, tengah, atau akhir bulan Ramadhan. Di sini Anda berkesempatan untuk mendapatkan suatu keistimewaan yang sangat luar biasa dengan perjalanan ibadah ini. Tak heran jika banyak muslim dari seluruh dunia yang berbondong-bondong melakukan ibadah umroh di bulan suci ini. Berikut ini adalah keutamaan umroh di bulan Ramadhan:

  • Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang umrah bersamaku di bulan Ramadhan maka nilainya sama dengan pergi haji bersamaku”. Jadi nilai ibadah umroh di bulan Ramadhan adalah sama dengan ibadah haji, tetapi harap diingat bahwa ibadah ini tetap tak dapat menggugurkan kewajiban Anda untuk menjalankan ibadah haji.
  • Di bulan suci kita memperoleh kesempatan untuk bertemu dengan malam 1000 bulan dan di sini setiap nilai ibadah kita akan dibalas dengan banyak kebaikan.
  • Di bulan Ramadhan setiap amal ibadah yang dikerjakan akan memperoleh balasan yang berlipat-lipat. Setiap amalah sunnah yang dikerjakan di bulan Ramadhan bernilai sama seperti ibadah wajib, dan setiap ibadah wajib akan dilipatgandakan pahalanya hingga 70 kali lipat. Di bulan ini kita juga berkesempatan untuk memohon ampun atas dosa-dosa yang kita lakukan. Bayangkan berapa pahala yang menjadi balasan bagi kita bila seluruh ibadah ini dapat kita lakukan di tanah suci.

Seperti yang sudah kita ketahui berdasarkan sabdah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa satu kali shalat di Masjidil Haram sama dengan shalat 100.000 rakaat dimasjid lainnya kecuali Masjid Nabawi dan Masjidil Aqsa. Apalagi di bulan Ramadhan sehingga akan semakin banyak kebaikan yang kita terima bila memungkinkan melakukan umroh di bulan Ramadhan.  Sungguh luar biasa keutamaan umroh di bulan Ramadhan.

Pada umumnya jamaah umroh lebih banyak berkumpul di 10 hari terakhir bulan Ramadhan walaupun kita dapat menjalankan umroh pada awal, tengah, maupun akhir bulan Ramadhan. Mengapa ibadah umroh sangat dianjurkan dilakukan di bulan Ramadhan? Ini karena umroh sendiri adalah ibadah yang utama dan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan berkah dan kebaikan. Perpaduan dari kedua saat istimewa tersebut tentu menghasilkan keutamaan-keutamaan yang sangat besar dan luar biasa. Rasulullah sendiri menganjurkan untuk melakukan ibadah umroh di bulan Ramadhan.

Agar perjalanan umroh Ramadhan Anda bisa berjalan lancar persiapkan sedini mungkin terutama hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan karena kegiatan ibadah ini pasti membutuhkan kondisi fisik yang prima karena Anda sedang dalam kondisi berpuasa demi mendapatkan keutamaan umroh di bulan Ramadhan. Sebelum keberangkatan usahakan membuat tubuh Anda bugar dengan konsumsi makanan bergizi, beristirahat cukup, banyak mengonsumsi air putih, serta berolahraga secara teratur. Dengan demikian ibadah Anda di tanah suci pada bulan Ramadhan akan berjalan dengan baik dan lancar.

Penulis: 
    author