Kisah Pendek Awal Adanya Kota Mekkah

940 views

makkah

Mekkah merupakan tempat bagi umat muslim untuk menjalan kan ibadah haji dan umroh. Namun, banyak umat muslim didunia tidak tahu bagaimana awal berdirinya kota mekkah. Di sini akan di uraikan secara singkat mengenai sejarah terbentujnya kota mekkah.

Ketika abad ke-19 SM. Nabi Ibrahim ‘alaihi shalatu wa salam, ia hijrah dari kampungnya di syam menuju tanah Hijaz suatu lembah dengan tanah yang gersang, berbukit, berbatu dan tidak ada tanaman. Akan tetapi, di tanah hijaz inilah banyak lahir keturunan dari Nabi Ibrahim AS, dengan tugas yang Allah SWT beri tugas mendakwahkan kalimat tauhid sampai tersebar keseluruh pelosok dunia. Kemudian, tanah hijaz tersebut, disebut mekkah.

Pada saat itu, mekah memang adalah suatu lembah yang sangat gersang, panas, berbatu, berbukit dan tidak ada tanaman sedikit pun. Tapi, setelah pengorbanan dari Nabi Ibrahim lembah tersebut, menjadi tempat yang istimewa bagi kaum muslimin, kota Mekka menjadi impian setiap umat islam, karena tempat ini adalah tempat bagi umat islam untuk menjalankan rukun islam ke-5 yaitu ibadah haji dan juga untuk melaksanakan ibadah umroh .

Berkah dari doa Nabi Ibrahim tanah hijaz menjadi suatu tempat yang sangat indah dan berkah, Allah abadikan doa beliau dalamnfirman nya:

tulisan-arab-alquran-surat-ibrahim-ayat-37

Artinya: “ya tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebagian keturunanku di lembah yang tidak memiliki tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur. ” (QS. Ibrahim: 37)

Demikian, sejarah singkat mengenai kota semoga bermanfaat bagi kita semua. Semoga kita di beri Allah kesempatan untuk dapat menjalankan ibadah haji dan umroh. Amin.

Penulis: 
    author