Tips Mempersiapkan Perlengkapan Umroh

Ceklis Perlengkapan Umroh

Tips Menyediakan Perlengkapan Umroh

Bagi orang yang belum terbiasa bepergian mempersiapkan keberangkatan ke luar negeri untuk menunaikan ibadah umroh memang bukan merupakan hal yang gampang dilakukan. Berikut ini adalah tips khusus bagi Anda untuk menyediakan perlengkapan umroh agar tak sampai terjadi kelebihan beban karena selain merepotkan hal ini juga untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan di bandara yang berkaitan dengan peraturan penerbangan.

Tips mudah menyediakan perlengkapan umroh

Pertama perhatikan musim yang berlangsung di negara tujuan pada saat jadwal umroh Anda apakah tiba pada musim dingin atau panas. Hal ini berguna untuk membawa perlengkapan yang seharusnya. Harus diketahui bahwa Anda harus membayar denda kelebihan barang bawaan tersebut. Dengan mengetahui musim yang sedang berlangsung Anda bisa mengetahui apakah Anda perlu membawa jaket atau pakaian tebal yang lain atau tidak. Selain musim untuk menyediakan perlengkapan umroh Anda juga perlu memperhatikan lamanya waktu ibadah Anda apakah 9 atau 12 hari atau bahkan lebih.

Agar lebih efisien sebaiknya buatlah daftar barang bawaan Anda dengan mengelompokkan jenis perlengkapan yang ingin Anda bawa, misalnya barang yang akan dibutuhkan di perjalanan dari tanah air ke Jeddah, barang yang hanya diperlukan di sana, dan barang yang diperlukan saat perjalanan pulang. Dengan demikian Anda akan dapat memilah-milah mana barang yang sebaiknya dimasukkan ke dalam tas tangan, koper cabin, dan koper bagasi. Berikut ini adalah panduannya untuk memudahkan Anda.

Perlengkapan umroh yang bisa langsung Anda pakai adalah:

  1. Anda bisa mengenakan langsung alas kaki berupa sandal atau sepatu nyaman baik untuk keberangkatan dan kepulangan Anda. Hindari jenis sandal yang menutup mata kaki dan untuk wanita sebaiknya tak mengenakan alas kaki yang berhak tinggi.
  2. Anda juga sebaiknya membawa tas plastik bening untuk menyimpan sandal di dalam masjidil haram. Bila ingin lebih nyaman selama perjalanan beribadah Anda bisa mengenakan sandal jepit. Bila memang demikian Anda bisa memasukkan sandal cadangan ini dalam koper bagasi berikut semua perlengkapan ibadah umroh Anda.
  3. Untuk menyimpan barang-barang yang dibutuhkan sehari-hari seperti, buku doa, dompet, uang, ponsel, atau paspor, Anda bisa membawa tas pinggang agar barang-barang Anda tetap aman. Hal ini karena Anda tak perlu melepaskan tas tersebut dari tubuh Anda. Agar tak terlihat terlalu mencolok sebaiknya selipkan di balik mukena atau kain ihram Anda.
  4. Di dalam tas pinggang atau tas tangan Anda jangan lupa untuk membawa pulpen dan notes kecil untuk mencatat nama hotel, nomor kamar, nomor telepon hotel, nomor ponsel teman sekamar bila ada, dan nomor telepon pemandu dari travel penyedia layanan umroh yang Anda gunakan. Hal ini penting seandainya terjadi kondisi darurat atau saat Anda ingin berkeliling sendiri saat jam bebas. Nomor telepon akan membantu Anda untuk berkomunikasi dengan jamaah umroh yang lain.
  5. Bila ingin melakukan komunikasi bertarif murah ke tanah air Anda bisa membeli simcard lokal di bandara King Abdul Aziz Jeddah dengan harga lebih kurang 135 ribu rupiah. Dengan begitu Anda akan tetap dapat berkomunikasi dengan orang-orang tercinta di tanah air tanpa perlu memikirkan biaya roaming. Selain di airport, Anda juga bisa memperoleh kartu semacam ini di sekitar masjid baik di kota Makah maupun Madinah.

Perlengkapan umroh yang harus masuk pada koper bagasi

Barang-barang yang sebaiknya masuk ke bagasi adalah perlengkapan umroh yang hanya Anda butuhkan saat di tanah suci. Berikut ini adalah daftarnya.

Perlengkapan ibadah umroh untuk pria:

  1. 2 lembar kain ihram yang Anda kenakan sebuah dari miqat sementara selembar lagi disimpan sebagai cadangan bila terkena kotoran atau yang lainnya.
  2.  3 setel busana muslim atau baju koko dengan bahan katun yang menyerap keringat dan sejuk.
  3. 2 potong celana panjang.
  4. 1 buah peci.
  5. 2 helai kain sarung.
  6. 2 pasang kaus kaki.
  7. 3 helai t shirt.
  8. 1 buah jaket atau sweater tebal.
  9. 2 pasang sandal jepit.
  10. 1 lembar handuk mandi
  11. 1 set perlengkapan mandi (sabun, sikat, dan pasta gigi).
  12. 1 buah gunting kecil. Benda ini mutlak harus dimasukkan ke dalam koper bagasi karena di dalam pesawat tak diperbolehkan membawa benda tajam jenis apa pun.
  13. 1 buah kaca mata hitam, usahakan yang berlensa anti UV.
  14. Pelembab kulit dan bibir.
  15. Obat-obatan untuk gangguan kesehatan ringan seperti flu, demam, atau sakit perut. Atau mungkin obat-obatan dokter bagi Anda yang memiliki riwayat kesehatan tertentu.
  16. Makanan kering yang telah dikemas dalam wadah yang anti pecah dan tumpah.

Perlengkapan ibadah umroh untuk wanita

  1. 2 helai mukena.
  2. 3 potong busana muslimah dengan model gamis.
  3. 2 helai rok panjang dan celana dalaman panjang.
  4. 3 helai jilbab bergo (instan) panjang sehingga Anda tak perlu repot mengatur jilbab dengan peniti.
  5. 6 pasang kaos kaki.
  6. 3 helai pakaian lengan panjang.
  7. 1 helai sweater atau jaket hangat.
  8. 2 pasang sandal jepit.
  9. 2 lembar handuk.
  10. 1 set perlengkapan mandi dan jangan lupa untuk membawa sebungkus pembalut sebagai persediaan. Anda juga sebaiknya membawa produk perawatan kulit untuk mencegah kulit kering karena perubahan cuaca ekstrim. Tetapi sebaiknya jangan mengenakan make up tebal pada perjalanan ibadah ini.
  11. 1 gunting kecil.
  12. 1 kaca mata hitam.
  13. Pakaian dalam secukupnya atau Anda bisa memilih yang sekali pakai.
  14. Obat-obatan ringan atau obat-obatan dokter bila Anda membutuhkan.
  15. Makanan kering bila menginginkannya.

Untuk koper bagasi sebaiknya tidak terlalu penuh karena Anda pasti membutuhkan tempat untuk memuat oleh-oleh bagi saudara atau kerabat sebagai kenang-kenangan. Perlu diperhatikan bahwa selama dalam perjalanan, ponsel, tablet, atau laptop, dan barang-barang elektronika yang lain harus dalam kondisi mati. Bawalah uang tunai secukupnya atau Anda juga bisa menukarkannya saat tiba di negara tujuan.

Bila memungkinkan gunakan saja kartu kredit bila berbelanja pada toko-toko yang menerima transaksi menggunakan kartu kredit. Anda juga dapat mengambil uang tunai pada ATM bila kartu Anda mempunyai lambang VISA atau CIRUS. Tetapi harap diingat bahwa tujuan utama Anda berangkat ke tanah suci adalah untuk beribadah dan bukan untuk berwisata belanja sehingga jangan terlalu kalap dalam membeli barang-barang. Hal ini akan menyita waktu dan mengalihkan konsentrasi dari kegiatan utama Anda.

Setelah perlengkapan umroh berupa barang-barang yang Anda butuhkan sudah lengkap disiapkan, jangan lupa untuk menyiapkan fisik Anda semaksimal mungkin menjelang keberangkatan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi dan sehat, beristirahat yang cukup, dan jangan lupa berolahraga ringan. Terakhir banyaklah berdoa agar ibadah yang Anda jalankan terlaksana dengan lancar dan mabrur. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *