Tempat yang Dikunjungi Ketika Umroh

4276 views

Tempat-tempat yang dikunjungi ketika umroh

Saat melakukan ibadah umroh selain menjalankan ritual ibadahnya Anda juga dapat sekaligus melakukan travelling ke beragam tempat yang memiliki nilai sejarah dan kebudayaan Islam di sekitar kota Madinah dan Mekah. Dari berbagai tempat yang dikunjungi ketika umroh tersebut ada yang memang wajib hukumnya untuk diziarahi karena merupakan salah satu rukun sah ritual ibadah. Artinya ibadah tak akan sah bila bila ziarah ke tempat-tempat tersebut dilewatkan. Inilah tempat-tempat yang akan Anda kunjungi saat melakukan ibadah umroh.

Berbagai tempat yang dikunjungi ketika umroh

Inilah tempat-tempat yang wajib dikunjungi dan disarankan untuk dikunjungi bila memungkinkan saat ibadah umroh.

  1. Bir Ali dan Tan’im
    Kedua tempat ini adalah lokasi untuk mengerjakan awal ibadah umroh atau miqot dengan mengenakan pakaian ihram dan mengucapkan niat ibadah. Bir Ali berada di kota Madinah dan di sini adalah syarat umroh yang paling utama atau wajib, dan Bir Tan’im berada di kota Mekah yang merupakan syarat umroh kedua atau sunnah umroh.
  2. Masjid Al Haram dan Ka’bah
    Kedua tempat ini bukan hanya tempat yang dikunjungi ketika umroh tetapi merupakan tempat utama dalam rangkaian ritual umroh. Di Ka’bah jamaah umroh dan haji diharuskan melakukan tawaf, sementara Masjid Al Haram adalah tempat utama untuk melakukan ibadah shalat.
  3. Maqom Ibrahim
    Maqom Ibrahim sesungguhnya merupakan simbol penghormatan orang-orang Islam terhadap pembangunan Ka’bah atau Baitullah sehingga tempat ini berada di dekat Ka’bah. Jadi salah jika selama ini Anda mengira bahwa Maqom Ibrahim itu adalah makam atau kuburan Nabi Ibrahim. Bagi para jamaah umroh dianjurkan untuk melakukan shalat sunnah dengan menghadap ke lokasi tersebut.
  4. Sofa dan Marwa
    Kedua tempat ini berupa dua bukit kecil yang berada di kota Mekah. Di sinilah jamaah umroh melakukan ritual ibadah Sa’I dengan cara raml atau berlari kecil dan berjalan. Selain itu bukit Marwa juga merupakan lokasi untuk bercukur saat umroh atau tahalul.
  5. Masjid Nabawi
    Di kota Madinah terdapat sebuah masjid megah yang menjadi lokasi pertama untuk melakukan shalat Subuh dan juga persiapan untuk menjalankan ritual ibadah umroh berikutnya.
  6. Raudhoh
    Tempat ini sangat istimewa dan dikatakan merupakan lokasi yang paling tepat untuk memanjatkan doa karena menjadi tempat yang makbul untuk berdoa. Raudhoh sesungguhnya merupakan ruangan yang terletak di antara mimbar dakwah dan kamar Rasulullah SAW. Tempat ini tak pernah sepi dari jamaah untuk berdoa.

Selain lokasi di atas yang merupakan tempat yang dikunjungi ketika umroh yang berhubungan dengan rukun umroh, ada pula beberapa lokasi lain yang sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi saat melakukan ibadah ini. Tempat-tempat tersebut adalah:

  • Masjid jin – Masjid ini mempunyai arsitektur yang sangat modern dan megah. Nama ini konon diambil karena dahulu di lokasi inilah Rasulullah membaiat rombongan jin yang ingin masuk Islam.
  • Masjid Quba – Masjid Quba adalah masjid tertua di dunia dan berada 5 km di luar kota Madinah. Masjid ini konon dibangun sendiri oleh Baginda Nabi.
  • Jabal Nur dan Gua Hira – Tempat yang dikunjungi ketika umroh ini sangat bersejarah karena di sinilah Rasulullah menerima wahyu untuk yang pertama. Tempat ini berada lebih kurang 6 km di sebelah utara Masjidil Haram.

Demikianlah beberapa tempat merupakan tempat yang dikunjungi ketika umroh baik yang wajib karena berkaitan dengan rukun sah umroh atau tempat-tempat bersejarah yang layak Anda ziarahi.

Penulis: 
    author