Tips Persiapan Umroh Sebelum Berangkat

1852 views

Anda segera berangkat umrah? Anda yang akan segera berangkat umrah tentu akan membutuhkan berbagai persiapan yang harus dilakukan. Berbagai persiapan ini harus dilakukan dengan sebaik mungkin agar ibadah umrah bisa terlaksana dengan baik dan lancar.

Sebagian dari mereka yang akan melakukan ibadah umrah, umumnya hanya melakukan hal-hal yang berkaitan dengan ibadah umrah saja seperti doa-doa, tahapan-tahapan, dan bacaan lainnya. Namun, mereka lupa bahwa berumrah bukan saja membutuhkan hafalan doa-doa atau bacaan-bacaan. Lebih dari itu, ada berbagai hal lain yang harus Anda lakukan. Persiapan apa saja yang harus dilakukan ini? Simak informasi tentang tips persiapan umrah/haji berikut.

Persiapan Rohani

Persiapan umrah yang berkaitan degan rohani ini dumulai dengan meluruskan niat untuk bepergian Anda ke tanah suci ini semata-mata hanyalah untuk beribadah, untuk meminta pengampunan dari Allah atas dosa-dosa yang pernah dilakukan baik yang sengaja atau pun yang tidak sengaja, untuk meminta apapun yang Anda inginkan dan terbak bagi Anda. Dengan niat yang lurus, diharapkan ibadah umrah dapat dilakukan dengan maksimal.

Lakukanlah taubat atas semua kesalahan dan dosa yang pernah dilakukan. Kita tentu sangat sulit dalam mengingat perkara-perkara apa saja yang pernah dilakukan. Apakah pernah menyakiti orang lain baik secara lisan maupun perbuatan, apakah pernah dengan tidak sengaja maupun sengaja menghina atau merendahkan orang lain, dan sebagainya. Jika hal itu terjadi, segera taubatlah. Mintalah maaf kepada mereak yang pernah Anda sakiti atau Anda dzalimi. Minta ampunlah kepada kedua orang tua (apalagi jika mereka masih hidup). Minta maaflah kepada keluarga, anak-anak, tetangga, dekat, dan kerabat lainnya.

Mulailah belajar tentang hukum-hukum yang terkait dengan ibadah umrah seperti hukum umrah, rukun shalat, seperti bertayamum, cara shalat sunnah, adab pergaulan, dan sebagainya.

Hal lain yang juga harus Anda perhatikan saat melakukan persiapan ibadah umrah atau haji adalah melunasi utang, atau kembalikan barang-barang yang dititipkan kepada Anda, termasuk biaya keluarga yang ditinggalkan yang menjadi tanggungan Anda.

Selanjutnya, jagalah setiap amalan baik yang Anda lakukan, baik itu amalan sunnah maupun wajib. Mulailah perbanyak shalat malam. Persiapan ini dilakukan agar Anda terbiasa dengan amalan-amalan tersebut sehingga ketika menjalankan ibadah umrah, Anda sudah terbiasa. Salah satu indikasi menjadi haji atau umrah yang mabrur adalah tidak meninggalkan amalan baik wajib maupun sunnah.

Persiapan Fisik

Selain persiapan rohani, calon jamaah juga harus mempersiapkan diri secara fisik. Ibadah umrah merupakan ibadah yang tidak mudah dilaksanakan apalagi untuk mereka yang sudah lanjut usia. Mungkin Anda juga sudah tahu bahwa kebanyakan jamaah haji maupun umrah adalah mereka dengan usia 60 tahun. Mungkin hanya sebagian kecil saja jamaah ang berusia di bawah 60 tahun. Pelaksanaan umrah pun merupakan serangkaian kegiatan yang membutuhkan tenaga yang luar biasa. Nah, berikut ini beberapa persiapan fisik yang bisa Anda lakukan.

  • Melakukan lari-lari kecil maupun jalan kaki. Bisa juga dengan melakukan aktivitas olahraga lain setiap harinya agar menjaga dan melatih kebugaran Anda. Tentu Anda tidak mau jika saat pelaksanaan ibadah umrah, Anda malah sakit lantaran kondisi badan yang menurun.
  • Untuk menjaga daya tahan tubuh, biasakanlah untuk minum multivitamin. Biasanya sebagian orang membutuhkan multivitamin untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Daya tahan tubuh tentu harus dijaga benar-benar saat melaksanakan ibadah umrah/haji agar ibadah umrah atau haji tidak terganggu dengan kondisi tubuh yang menurun.
  • Selama beribadah umrah, sebaiknya jamaah yang masih muda (di bawah usia 50 tahun) yang masih memiliki fisik yang kuat sebaiknya membantu jamaah lain yang sudah lanjut usia. Banyak jamaah yang sudah lanjut usia dan memiliki kesulitan setra keterbatasan pengetahuan dalam pelaksanaan ibadah umrah ini. Semoga dengan membantu para jamaah yang lanjut usia ini, ibadah umrah jamaah yang membantu menjadi sempurna.
  • Jika diperlukan, konsultasikan kesehatan ke dokter agar mendapatkan arahan kesehatan yang lebih tepat dan sesuai dengan kondisi tubuh, termasuk penentuan obat-obatan pribadi yang akan dibawa ke tanah suci.

Persiapan Lain untuk Umrah dan Haji

Selain persiapan di atas, masih ada persiapan lain yang harus dilakukan oleh calon jamaah umrah. Persiapan-persiapan tersebut antara lain:

  • Menentukan Target Ibadah
    Sebelum berangkat umrah atau berhaji, ada baiknya membuat target ibadah selama di tanah suci. Misalnya sajatarget khatam Al Quran satu kali selama umrah atau berhaji, shalat berjama’ah setiap waktu shalat wajib, atau target lainnya. Tapi, ingat jangan karena Anda ingin mencapai target ini, lantas ibadah yang lain dilalaikan atau menjadi tidak khusyu atau terburu-buru.
  • Siapkan Mental
    Selain persiapan fisik dan rohani, persiapan mental pun harus dilakukan untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi. Misalnya saja menghadapi kelakuan orang lain di tanah suci dengan budaya yang berbeda, fasilitas toilet yang terbatas karena ada jutaan jamaah yang umrah, dan sebagainya. Jangan sampai ketika melaksanakan ibadah umrah ini Anda banyak mengelu lantaran sebelumnya telah memiliki ekspektasi yang tinggi dalam ibadah umrah atau haji.
  • Mengatur Waktu
    Hal lain yang juga harus Anda siapkan adalah kebiasaan mengatur waktu (manajemen waktu). Sejak di tanah air, biasakanlah untuk selalu tepat waktu, sehingga saat di tanah suci, Anda sudah terbiasa. Bisa juga Anda mengatur waktu lain, misalnya datang lebih awal sebelum shalat wajib dilaksanakan (berjamaah) untuk melaksanakan shalat sunnah dulu, atau hal lainnya. Untuk hal ini, sebaiknya Anda kunsultasikan juga pada agen penyedia biro perjalanan Anda.
  • Mengepak Barang Bawaan
    Lakukan pengepakan barang dengan teliti dan rapi. Jangan sampai ada satu barang pun yang tertinggal. Apalagi jika barang itu akan sering Anda gunakan. Untuk mengepak barang ini, Anda harus perhatikan apa saja yang diperlukan selama di sana. Perhatikan juga apakah Anda membawa anak atau tidak karena jika Anda mmebawa anak, barang bawaan akan berbeda. Keperluan Anda dan akan tentu berbeda, bukan?
  • Jalin Silaturahmi
    Hal lain yang juga harus Anda lakukan baik itu sebelum maupun setelah berangkat ke tanah suci adalah menjalin silaturahmi yang baik baik itu dengan teman serombongan, maupun dengan jamaah-jamaah yang ada di sana. Ingat, jamaah-jamaah yang ada di sana berasal dari berbagai penjuru dnia dnegan segala perbedaa, terutama perbedaan tradisi.
    Jika memungkinkan, carilah informasi-informasi tentang tradisi di tanah suci. Anda bisa mencari informasi di google atau menanyakannya kepada orang yang telah lebih dulu umrah. Orang yang sudah pernah umrah tentu akan memiliki cerita yang lain.

Nah, demikianlah informasi tentang persiapan umrah ini. Semoga dengan adanya informasi tentang umrah ini, Anda bisa lebih siap dalam menghadapi dan melaksanakan ibadah umrah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Penulis: 
    author
    Infoumrohhaji.com : Informasi Umroh dan Haji Khusus