Tips Sehat Selama Berumroh Untuk Anda

Tips Sehat Selama Berumroh

Tips Sehat Selama Berumroh Di Tanah Suci

Ibadah haji dan umroh memang tak dapat dipungkiri merupakan ibadah yang membutuhkan ketahanan fisik yang kuat demi terlaksananya seluruh ritual ibadah dengan sempurna. Sangat sering kita jumpai di mana stamina fisik para jamaah menurun akibat tenaga yang terkuras, terlalu capek, atau kurang tidur. Tentu saja pada kondisi yang demikian penyakit dapat menyerang dengan mudah. Buktinya, saat jamaah haji atau umroh pulang dari Mina banyak dari mereka yang jatuh sakit mulai dari penyakit ringan seperti pilek, batuk, atau flu, hingga penyakit yang mengharuskan penderita untuk dirujuk ke rumah sakit. Tips sehat selama berumroh ini akan membantu Anda menjaga kondisi fisik agar tetap bugar selama di tanah suci.

Tips sehat selama berumroh dengan cara mandiri mengatasi beberapa penyakit

Agar kegiatan ibadah Anda di tanah suci berjalan dengan lancar sangat penting bagi Anda untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan detail termasuk obat-obatan yang perlu dibawa, selain itu berikut ini adalah tips sehat selama berumroh untuk membantu menjaga kesehatan Anda selama di tempat suci.

1. Obat-obatan yang sebaiknya dibawa
Sebagai persiapan selama di tanah suci, Anda perlu membawa obat-obatan seperti antibiotik (primadex, amoxicillin 500 mg, dan cefadroxil,), penurun demam (sanmol atau paracetamol), pain killer (antalgin, ponstan, dan asam mefenamat, anti mabuk (antimo), anti alergi (CTM dan dextamin), obat kolesterol (simvastatin), obat asam urat (allopurinol), obat tetes mata (visine, insto, dan alletrol), obat gosok (minyak kayu putih, counterpain, dan fresh care), obat luka (betadine), dan plester luka (hansaplast, tensoplast)

2. Cara mengatasi penyakit ringan

  • Flu, batuk, dan pilek adalah penyakit yang dipicu oleh virus dan menyebabkan infeksi pada saluran napas. Untuk mengatasinya Anda bisa meminum sesuai aturan obat flu yang dijual bebas seperti sanaflu atau decolgen. Bila flu yang menyerang disertai dengan batuk, Anda juga dapat mengonsumsi obat batuk vicks atau laserin. Saat ini juga sudah banyak dijual obat yang dapat mengatasi batuk disertai flu. Untuk mengembalikan kondisi tubuh dengan cepat konsumsilah vitamin seperti enervon C. Perbanyak makan buah dan sayur, serta selalu pakai masker, dan perbanyak konsumsi air putih.
  • Penyakit jantung dan hipertensi

    Tips sehat selama berumroh bagi penderita jantung atau hipertensi adalah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda untuk mendapat rekomendasi obat-obatan yang perlu dibawa selama umroh atau haji. Selain itu, cobalah untuk menghindari stres serta atur pola makan dengan menghindari garam serta daging kambing.

  • Maag

    Untuk mengatasi rasa perih akibat kelebihan produksi asam lambung, konsumsi obat maag seperti promag atau mylanta. Selain itu usahakan untuk menghindari makanan yang merangsang asam lambung seperti soda, kafein, atau makanan yang asam.

  • Asma

    Penyakit asma pada umumnya dipicu oleh rangsangan yang bersifat alergi dan biasanya bawaan lahir seseorang. Untuk menghindari timbulnya reaksi alergi hindari stres, udara dingin, serta kenakan masker.

  • Diare

    Penyakit ini bisa muncul karena kondisi pencernakan yang sensitif atau belum terbiasa dengan menu makanan yang berbeda dengan hidangan harian kita atau bisa juga mengonsumsi makanan yang kurang terjaga kebersihannya baik dalam pengolahan maupun penyajian. Untuk mengatasinya konsumsilah entrostop atau loperamid dan sebagai langkah pencegahan hindari makanan yang pedas atau merangsang lambung. Konsumsi larutan gula garam sebagai pengganti cairan yang terbuang.

Demikianlah beberapa tips sehat selama berumroh. Sebelum keberangkatan lakukan persiapan fisik seperti lebih rajin berolahraga, makan dengan menu sehat dan seimbang, serta istirahat yang cukup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *